Gak Usah Panik, Begini Cara Mematikan Lampu ABS yang Menyala Pada Panel Indikator

Lampu ABS menyala

Hampir sebagian besar mobil baru kini dilengkapi dengan fitur Anti-Lock Brake System (ABS) pada sistem pengeremannya. Sebagaimana fungsinya, fitur ini mencegah terkuncinya roda serta mobil tergelincir disaat pengendara menginjak rem secara mendadak.

Mobil dengan fitur ABS biasanya pertama kali kontak dihidupkan, mobil akan muncul lambang (ABS). Kondisi yang normal, setelah mesin dinyalakan secara otomatis lambang tersebut padam. Lalu bagaimana jika lampu ABS yang terus menyala meski mesin hidup? Tentu faktor seperti ini merupakan bagian dari masalah dan bisa menyebabkan fitur tidak berkeja ketika sedang dibutuhkan.

Baca juga: Ini Alasannya Mengapa Mobil Seharusnya Pakai Rem ABS

Lampu ABS menyala
Kondisi normal lampu ABS akan mati setelah mesin dihidupkan

Guna mematikan lampu ABS supaya fitur dapat berjalan secara normal, berikut adalah caranya.

Baca juga: Penyebab Lampu ABS Terus Menyala, Jangan Abai Kalau Nggak Mau Bahaya

Ganti Sensor ABS yang Bermasalah

Lampu ABS menyala
Sensor ABS jadi penyebab lampu indikator menyala

Sebagai informasi, penyebab lampu ABS yang terus menyala biasanya disebabkan oleh unit kontrol bermasalah, volume minyak rem hampir habis, speed sensor bermasalah, kerusakan pada kelistrikan, selenoid bermasalah serta malfungsi pemompaan. Hal pertama yang bisa dilakukan ketika mengalami masalah lampu indikator yang terus menyala, kalian bisa mengecek terlebih dahulu bagian sensor lampu indikator ABS. Cek bagian kabel sensor yang terletak di roda depan mobil apakah ada masalah seperti tersenggol rusak, putus atau tertutup kotoran.

Setelahnya cek kerja sensor lampu indikator yang mendeteksi kondisi kampas rem apabila mulai menipis. Kondisi sensor inilah yang membuat lampu indikator ABS menyala.

Lampu ABS menyala
Sistem kerja ABS

Apabila menemukan gejala seperti itu sebaikya langsung melakukan penggantian sensor jika benar rusak. Dan untuk kampas rem, sebaiknya juga segera diganti dengan yang baru. Untuk kampas rem, sebaiknya gunakan yang khusus untuk ABS supaya pengereman dapat berkeja secara maksimal.

Oh iya, apabila cara tersebut tidak bisa mengobati kerusakan yang dialami, sebaiknya untuk mengunjungi bengkel terdekat guna dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Baca juga: Lampu ABS Tetap Menyala, Apa Risiko Jika Terus Digunakan?

 

.

Source: Gak Usah Panik, Begini Cara Mematikan Lampu ABS yang Menyala Pada Panel Indikator