Ngeri, Cipali Jadi Jalan Tol dengan Kasus Kecelakaan Paling Tinggi di Dunia

Kecelakaan jalan tol kini menjadi masalah serius yang mendapat perhatian dari banyak pihak. Itu karena jalan tol turut menyumbang angka kematian terbesar di Indonesia.

Jalan tol atau jalan bebas hambatan disatu sisi memang menjadi solusi untuk sejumlah orang yang bepergian menggunakan jalur darat agar lebih cepat sampai tujuan. Namun begitu, jalan tol ternyata masih jadi lokasi kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi.

Bahkan  Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno mengatakan, sebaiknya pengguna jalan tol tidak hanya sekedar menikmati pertumbuhan infrastruktur jalan tol, tapi juga ikut mematuhi aturan lalu lintas, agar setiap yang menggunakannya dapat tetap aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

Baca juga: Fakta Baru Kecelakaan Maut Truk Pertamina di Cibubur, Ada 5 Hal Jadi Penyebabnya

Kecelakaan bus di tol Cipali
Kecelakaan bus di tol Cipali

“Jangan sampai jalan tol jadi tempat membunuh orang. Tapi faktanya yang terjadi seperti kemarin (masih ada kecelakaan),” ungkap Hendro saat mengisi Rapat Kerja Bidang Perhubungan Darat Tahun 2022, di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Cipali Lokasi Kecelakaan Jalan Tol Tertinggi di Dunia

Hendro sendiri tak menampik, kecelakaan jalan tol masih terus meningkat. Adapun dari sekian banyak jalan tol yang ada di Indonesia, jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) ternyata memiliki fatalitas kecelakaan tertinggi. Tol Cipali dianggap paling berbahaya bahkan tak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

Kecelakaan bus di tol Cipali
Kecelakaan mobil travel di tol Cipali

Baca juga: 5 Perilaku Menjengkelkan yang Terjadi di Jalan Tol, Pernah Mengalami?

“Jalan tol Cipali adalah jalan tol yang nomor satu di dunia dengan fatalitas kecelakaan paling tinggi,” ujar Hendro.

Menurut catatan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, jalan tol Cipali merupakan jalan tol dengan fatalitas tertinggi rata-rata 1 korban jiwa per km.

Sekadar informasi soal tol Cipali, jalan bebas hambatan yang membentang sepanjang 116 km ini dianggap mampu mempersingkat waktu masyarakat dari arah Jakarta dan sekitar menuju wilayah timur Pulau Jawa atau sebaliknya.

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Stop Cukup Pakai Aplikasi di Ponsel, Ini Manfaatnya

Kecelakaan mobil travel di tol Cipali
Mobil terbakar di Cipali

Kendati demikian, jalan tol yang diresmikan pada Juni 2015 ini dianggap mampu mempersingkat waktu tempuh sampai dua jam jika dibandingkan melewati jalur Pantai Utara (Pantura).

Kecelakaan di Tol Tiap Tahun Meningkat

Adapun sejak 2019-2021, total kecelakaan di jalan tol yang mengalami peningkatan pada dasarnya tidak hanya di Cipali, namun juga beberapa tol lainnya. 

Dimana pada tahun 2019, total kecelakaan di ruas jalan bebas hambatan ini mencapai 2.626 insiden, lalu pada 2020 meningkat jadi 3.907 insiden, dan pada 2021 naik lagi menjadi 3.988 insiden.

Source: Ngeri, Cipali Jadi Jalan Tol dengan Kasus Kecelakaan Paling Tinggi di Dunia